Simulator Pesawat Terbang

Garuda Indonesia

Garuda Indonesia

Sudah paham apa itu simulator?
simulator itu alat atau aplikasi yang digunakan untuk mensimulasikan dari keadaan nyata ke tidak nyata tetapi dibuat semirip mungkin dengan kondisi nyata. Simulator membawa manfaat sekali, karena dari simulasi itu kita bisa tahu atas apa yang disimulasikan. Contohnya Flight Simulator X Deluxe, simulasi tentang dunia penerbangan, banyak juga manfaatnya kalau kita tidak punya cukup uang untuk belajar di dunia nyata (padahal ingin sekali masuk sekolah pilot dan mendapat lisensi/sim istilahnya untuk menerbangkan pesawat dan dibayar L ).

IVAO (International Virtual Aviation Organization), nama lain dari ICAO (International Civil Aviation Organization) di dunia nyata. Untuk ivao itu sebuah grup, dimana grup itu membentengi kasarnya, atau mewadai pengguna FS(Flight Simulator). IVAO dibagi lagi menjadi divisi setiap negara, dan indonesia termasuk divisi yang aktif. Di IVAO itu peraturan penerbangan kemudian komponen yang ada sesuai nyata dan lain lainnya, mottonya saja “as real as get”.

Di IVAO juga ada ATC(Air Traffic Controller),
apa itu ATC ? ATC adalah bagian dari penerbangan yang ada di bandara, yang berfungsi mengatur lalu lintas penerbangan. ATC dibagi menjadi 5 bagian,
yang pertama DEL(delivery) memberikan penyetujuan pada pilot sebelum penerbangan dimulai, berdasarkan rencana penerbangan(flight plan) yang dikirim oleh pilot dan krunya. Delivery juga bertugas memeriksa dan mengubah flight plan yang salah serta mengatur pemberangkatan pesawat berdasarkan separasi trafik agar lancar dan berlajan mulus.
Kemudian ada GND(Ground) bertugas mengatur pergerakan pesawat di darat, mulai dari gate atau tempat parkir pesawat ke landasan pacu. Ada TWR(Tower), apa itu ? merupakan bagian ATCyang memberikan clearence(penyetujuan) kepada pilot untuk take off dan landing .
Selanjutnya APP(Approach) tugasnya mengatur trafik pesawat sesaat setelah take off dan sebelum landing, juga menjaga separasi tiap pesawat. Dan yang terakhir ada CTR(Center) tugasnya memberi separasi pada pesawat yang sudah enrouting istilahnya, atau sudah menjapai ketinggian maksimum dalam penerbangan saat itu, wilayah cakupannya sangat luas.

Flight Simulator sendiri banyak pilihan pesawatnya, dan yang paling sering digunakan simulasi pesawat Boeing 737-800NGX. Mirip sekali, dari kokpitnya, tombolnya hampir semua bisa dipencet.
Kenapa bisa begitu ? soalnya PMDG itu membeli lisensi khusus ke Boeing agar bisa se-nyata mungkin. Ada juga heli, pesawat tempur, kemudian pesawat cessna, pesawat untuk landasan perintis dan lainnya.

Terbangkan Pesawatmu dan Terbangkan Nyalimu Disini

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.