Find the Soul of Traveling

I just want to see the world behind my wall. And if you see it, you will get at least a learning. Because there ain`t no travel that don`t change you some. I think its freakin true!

Bagiku, melakukan sebuah perjalanan adalah soal berpindah. Bukan tentang berapa banyak negara atau kota yang dijelajahi. Bukan bagaimana membuat footprint sebanyak-banyaknya. Bukan juga seberapa jauh jarak yang akan ditempuh. Melainkan, bagaimana kita berpindah ke tempat yang lain dan kemudian pulang dengan membawa ribuan bahkan cerita-cerita sederhana yang membangun. Membawa ribuan pengalaman dan juga tambahan pengetahuan.

Aku lebih menginginkan bagaimana mataku bisa terbuka lebih lebar. Bukan hanya sekadar bermain di pantai, melihat indahnya sunset. Bukan sekadar menghirup segarnya udara di kaki gunung disertai terbitnya sang mentari di kala fajar. Aku ingin mataku melihat lebih jelas, segala sesuatu yang belum sempat kulihat. Aku ingin sendi-sendi ototku bergerak lebih keras, untuk bisa berjalan lebih jauh menikmati setapak yang telah Tuhan ciptakan. Aku ingin darahku tersekat, karena menikmati keindahan yang disaksikan secara langsung oleh mataku. Aku ingin, hatiku terbuat sekeras baja, agar nantinya aku bisa lebih paham, kenapa keberagaman dan keindahan diciptakan.

Well. Melakukan sebuah perjalanan, selalu membuatku mendapatkan point of view baru untuk melihat kehidupan, dari sisi yang berbeda. Belajar dari setiap individu dan orang-orang yang kutemui baik pria, wanita, dewasa maupun anak anak. Menambah keyakinanku bahwa setiap orang adalah guru, dan setiap tempat adalah sekolah. Lalu kemudian akan membentuk sebuah angan-angan dan mimpi baru.

I’ll put that dream as one of the targets i gotta pursue! If other peep can do it, of course i also can do it as well then! should it be?

Perjalanan panjangku telah mengajarkan bagaimana aku harus lebih membuka mata selebar-lebarnya. Mengadopsi nilai-nilai positif yang berguna di masa depan kelak. Menghargai sebuah lukisan mahakarya Tuhan yang sudah dititipkan dan haruslah kita menjaganya. Menyeimbangkan energi positif untuk diriku dan untuk orang-orang di sekitarku.

I haven’t isolated myself. I am not flying on a private plane. I am going to the publictransport, I am with people, some of the interactions are good, some of them are not so good, but it keeps me in touch with being, you know, part of society….

I travel, some of us forever, to seek other states, other lives, other souls…

Terima kasih Indonesia. Terima Kasih Ibu Pertiwi karena keindahanmu Aku bisa belajar lebih banyak…

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.