Menaikkan Traffic WebBlog

Pada dasarnya, untuk meningkatkan trafik itu perlu ketelatenan.
Pertama, kamu dilarang memiliki ekspektasi yang terlampau tinggi di awal kemunculan blog yang baru saja kamu ciptakan. Berikutnya, inilah sejumlah tips yang disusun dan diramu oleh tim SEO Merchant Development Omah Komputer untuk membantu kamu semuanya ^^.

1. Tulis tulisan yang ingin dibaca orang lain.
Tulisan harus bisa meninggalkan sebuah kesan. Poin ini harusnya sudah jadi hal basic bagi bloger dan online writers. Namun nyataannya, masih banyak sekali mereka yang terlalu intens mengejar SEO (Search Engine Optimization), dan menyisipkan keyword tanpa tebang pilih. Mengejar SEO boleh-boleh saja. Ingat tujuan akhir dari SEO sendiri adalah menarik user, yang mana punya tingkat toleransi yang berbeda-beda.

2. MarketShare.
Konsep dan target blog harus diciptakan terlebih dahulu. Yaitu sebuah blog yang di dalamnya berisi tulisan-tulisan yang khusus dibuat untuk market tertentu. Misalnya blog traveler, blog politik, atau blog teknologi seperti yang sedang kamu baca ini. Dengan targeted blog, keyword yang keluar bisa lebih mudah didefinisikan dan akan lebih sering ditembak daripada blog yang bertemakan umum.

3. Daftarkan blog dan RSS Feed / Cross Web Directory.
Setelah blog go online dan go public, segera daftarkan URL dan RSS feed blog ke website direktori manapun yang bisa di temukan. Misalnya dmoz.org, dir.yahoo.com, googlering.com, dan sebagainya. Melalui web direktori, jalur infrastruktur mesin pencari untuk menemukan website anda jauh lebih cepat dan mudah.

4. Membangun backlink ke blog Anda.
Selain melalui website direktori, beberapa metode berikut cukup ampuh untuk membangun backlink ke blog anda. Di antaranya: posting comment ke blog dofollow, tawarkan untuk bertukar link dengan blog lain yang bertema sama, dan link back ke halaman home anda pada setiap halaman yang ada di website anda. Artinya sesama blogger disarankan untuk bertukar link agar blog bisa berkembang dan tentunya dapat dibaca lebih banyak pengunjung.

5. Rajin mengirim Ping setiap kali update posting blog.
Beberapa layanan seperti feedburner.google.com, blo.gs, dsb, didesain secara spesifik untuk melacak update sebuah blog. Namun layanan-layanan ini sering mengalami delay, terutama jika blog anda jadwal updatenya tidak menentu. Nah, lewat beberapa situs web “tembak” seperti pingomatic, anda bisa menotifikasi sejumlah layanan-layanan ini dengan mengirim sebuah autoping. Melalui autoping tersebut, anda memberi tahu layanan-layanan ini bahwa anda mengupdate blog anda, sehingga mereka bisa bergegas ke TKP.

6. Ciptakan Buzz ( PROMOTION )
Anda bisa menciptakan buzz dengan berbagai cara. Misalnya menciptakan kontroversi seputar blog atau topik di dalamnya, mendistribusikan stiker bemper atau merchandise lain dengan URL dan tagline blog anda, atau menulis press release tentang sesuatu yang penting dan kaitkan dengan blog anda. Dengan menciptakan sebuah buzz tentang blog anda pada media lokal dan online, anda akan mendapat sebuah komponen viral untuk promosi website anda.

7. Posting artikel blog Anda ke website artikel direktori.
Edit posting blog anda ke dalam bentuk artikel, kemudian submit pada website artikel direktori. Contohnya: ezinearticles.com, ideamarketers.com, articlesphere.com, articlez.com, dan sebagainya (baca juga: 9 artikel direktori paling ngetop di Internet). Tujuan utamanya bukan untuk menambah backlink. Namun lebih ke arah usaha menciptakan buzz tentang blog anda.

8. Tangkap subscriber melalui email.
Mungkin aneh bagi blogger untuk mengirimkan update melalui email. Namun email sendiri masih jadi pilihan pertama bagi kebanyakan orang untuk menerima berita dan informasi. Dengan layanan gratis seperti Feedburner (kini feedburner.google.com), anda bisa mengatur subscriber anda dan memungkinkan mereka untuk mengatur subscription mereka melalui satu interface Google.

Jadi, bagaimana dengan kemajuan blog anda? usaha apa yang sudah kalian gunakan??

Disusun dan diolah dari berbagai sumber

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.